Selasa, 14 April 2020

Menulis Artikel di Majalah Media Guru


 





Menulis Bersama Om Jay Gelombang 8

Nama                         : Siti Mutawarridah, S.Pd
Alamat Instansi        : SDN Pancuran 1 Bondowoso Jatim
Hari/ Tanggal            : Selasa, 14 April  2020
Waktu                         : Pukul 18.00 – 21.00 WIB
Nara Sumber                        : Dr. JEJEN MUSFAH Redaksi Majalah Guru
Moderator                : OM JAY
Materi                         : Menulis Artikel di Majalah Media Guru


Menulis Artikel di Majalah Media Guru

Pembelajaran daring bersama Om Jay malam ini kita akan mendapatkan materi tentang menulis artikel di Majalah Suara Guru PB PGRI yang akan disampaikan oleh Bapak Doktor Jejen Musfah , beliau adalah pemimpin redaksi majalah suara guru PB PGRI yang majalahnya terdistribusikan ke seluruh Indonesia. Kepada Pak Jejen Musfah kami persilahkan menyampaikan materinya,
Jejen Musfah: Majalah.suaraguru@gmail.com: Salam teman-teman guru se Indonesia. Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yg terjadi. Artinya opini tidak akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta pendidikan selalu hadir, tapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi. Pak Jejen mungkin bisa diceriatakn dulu mengapa ada majalah suara guru di PB PGRI?. Begini ,guru adalah praktisi, majalah sg setua PGRI sendiri sudah puluhan tahun, tulisan bisa dimuat di online dan offline, cetak 5000 eksmplar dibagikan ke hampir 34 provinsi rubriknya beragam: Opini. resensi. sastra. destinasi. Dll. Sy kira itu pngantarnya ya, di atas adalah email bagi yg akan karim tulisan.
Syarat mengirim tulisan ke Majalah Media Guru PGRI
1.  Menyebutkan status dan foto
2.  Tulisannya bisa sesuai rubrik di atas
3.  Diutamakan bidang pendidikan
4.  Isu-isu yang hangat
Sampai saat ini jujur saja masih kekurangan naskah berkualitas, naskah yang dikirim cenderung diterima dengan editing redaktur, selama ini naskah yang masuk masih minim. Naskah yang masuk dan dimuat di majala Media Guru tidak ada honornya, namun sempat ada jika keuangan memadai .pengiriman naskah ke email di atas. Tema yang paling disukai adalah tema tentang pendidikan yang mutakhir. Pengiriman naskah pada media Guru tidak ada biayanya. Panjang naskah maksimal 1000 kata. Disini ada contoh majalahnya http://suaraguruonline.com/suara-guru-rapat-virtual-perdana/. Majalah yang dikirim dimuat di Majalah Media Guru tidak boleh dikirim ke media lain. Artikel yang dikirim diseleksi dulu oleh redaksi. Jika belum pernah menulis artikel,baca opini-opini di surat kabar nasional, Intinya gagasan orisinil, bukan plagiat. Adakah jadwal antri terhadap jenis artikel yang akan dicetak di Majalah PGRI?.Selama ini kami cenderung kekurangan naskah. Untuk naskah yang dimuat  bisa mendapat surat bukti dari Suara Guru dan majalah dikirim ke penulis.


2 komentar: