Menulis Bersama
Om Jay Gelombang 8
Nama : Siti Mutawarridah,
S.Pd
Alamat
Instansi : SDN Pancuran 1 Bondowoso
Jatim
Hari/ Tanggal : kamis, 16 April 2020
Waktu :
Pukul 18.00 – 21.00 WIB
Nara Sumber : Aris Ahmad Jaya, M.Pd
Moderator : OM JAY
Materi
: Mengajar Gaya Motivator (MGM) Menjadi Guru
yang Dicintai dan Dirindukan
Mengajar Gaya Motivator Menjadi Guru yang
Dicintai dan Dirindukan
Bapak ibu guru hebat di seluruh Indonesia. Malam ini
kita bisa belajar bersama Om Jay dengan tema Mengajar Gaya Motifator. Kali ini
bersama nara sumber yang luar biasa. Mari kita lihat biodata nara sumber di
bawah ini:
Nama : Aris Ahmad
Jaya merupakan seorang motivator ,sekolah-sekolah unggul di Indonesia , sebagai
coach dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia. lebih dari 15
tahun menjadi motivator untuk sekolah unggul seperti . Labschool Kebayoran,
Labschool Jakarta, Sekolah Al Azhar
seluruh Indonesia , Global Islamic School Condet, Global Islamic School
Serpong, dan sekolah unggul lainnya di Indonesia. Beliau lahir di Pati 23 Februari 1974 . Pernah di
terima di dua universitas ternama di Indonesia tanpa tes yaitu di Institut
Pertanian Bogor ( IPB ) dan Universitas Gajah Mada ( UGM ) . Aris Ahmad jaya
menyelesaikan gelar Dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor
dan meraih gelar Magister Manajemen di UIKA Bogor tahun 2015 .Aris Ahmad Jaya
merupakan pendiri sekaligus CEO di lembaga . ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang
bergerak di bidang motivasi dan konsultan bagi sekolah-sekolah unggul di
Indonesia serta lembaga-lembaga baik pemerintahan maupun swasta yang ada di
Indonesia. Beliau telah
memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di
Indonesia seperti SUKSES ILMU, SUKSES KARAKTER, SUKSES MASA DEPAN untuk Para
Siswa, LOVE TOUCH PARENTING bagi para Orang Tua serta MENGAJAR GAYA MOTIVATOR
bagi para Guru dan Pendidik. Beliau juga merupakan pendiri sekaligus CEO di
lembaga ABCo SUGESTI MOTIVATINDO yang bergerak di bidang motivasi dan konsultan
bagi sekolah-sekolah unggul di Indonesia serta lembaga-lembaga baik
pemerintahan maupun swasta yang ada di Indonesia. Mari kita ikuti paparan
beliau
A. Jenis Guru
Berdasarkan Niat
1. Guru Betulan
Guru betulan adalah guru
yang memang dari awal ingin menjadi seorang pendidik, ingin mengajak dan memang
dia ingin menjadi guru. Dia memilki cita-cita menjadi guru sejak kecil.
Dia menjadi idaman oleh setiap siswa karena dia memilki energi untuk mengajar
dan energi untuk bertemu denga siswa, energi untuk mengeluarkan ilmunya untuk
memajukan siswanya
2. Guru
Kebetulan
Guru kebetulan, yaitu kebetulan ada lowongan menjadi
pengajar maka dia menjadi guru. Kebetulan lulus dari universitas dan sambil
menunggu pekerjaan, maka dia melamar menjadi guru dan kebutuhan
terima. Kebetulan orang tuanya memiliki yayasan pendidikan, dan
tidak ada yang mengelola, sehingga mau tidak mau harus melanjutkan impian orang
tua akhirnya menjadi guru dan pendidik di yayasan itu. Kebetulan ada temen yang
ngajak daripada nganggur maka menjadi guru. Guru kebetulan salah jika dia tidak
mau belajar.
Kadang-kadang guru kebetulan pun bisa menjadi guru
yang menjalani kegiatan belajar mengajar dengan sungguh-sungguh
karena dia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses baik yang harus
dijalankan. Guru kebetulan pun akan menjadi guru betulan ketika dia mau belajar
mau mengerti bahwa ini bagian dari sebuah proses yang harus
dihadapi.
Apa Bermasalah?
Nah, yang menjadi masalah ketika anda tidak mau
menerima profesi anda sebagai seorang guru. Baik anda guru betulan maupun anda
guru kebetulan ketika anda menerima profesi anda ini sebagai bagian dari sebuah
pilihan dan mau memberi pembelajaran dengan cara yang baik dan
menyenangkan, menginspirasi anak didik, anda mencintai ilmu yang anda sampaikan
maka sesungguhnya guru betulan maupun guru kebetulan buahnya akan manis
manakala dia adalah guru yang mencintai profesinya.
Guru betulan tak berarti jika tidak mau belajar,
asal-asalan jika menyampaikan materi,apalagi menyesali profesinya.
Bagaimanacara menjadi guru yang dicintai
untuk menjadi guru yang dicintai. Guru yang dirindukan guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun, karena anda adalah kurikulum yang sesungguhnya. Apapun yang anda bawa, murid anda akan mencintai manakala dia menyukai anda. . Guru yang menginspirasi dan guru yang menyenangkan pembelajaran apapun yang anda berikan. Anda adalah kurikulumnya, karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan kehadirannya.
untuk menjadi guru yang dicintai. Guru yang dirindukan guru yang akhirnya diizinkan kehadirannya untuk memberi pembelajaran apapun, karena anda adalah kurikulum yang sesungguhnya. Apapun yang anda bawa, murid anda akan mencintai manakala dia menyukai anda. . Guru yang menginspirasi dan guru yang menyenangkan pembelajaran apapun yang anda berikan. Anda adalah kurikulumnya, karena anda adalah guru yang menyenangkan dan diizinkan kehadirannya.
B. Jenis Guru
Berdasarkan Kinerja
1. Guru nyasar
Guru nyasar
adalah guru yang tidak mempunyai tujuan, tidak mempunyai arah, dan
guru yang menyesatkan yang menjadikan siswanya bisa membenci ilmu yang
diajarkan. Guru nyasar tidak memiliki energi, sehingga guru nyasar membuat
murid-muridnya merasakan, bahwa jam dinding lambat berputarnya. Guru nyasar
adalah guru yang sangat tidak dirindukan kehadirannya. Guru nyasar mengajarnya
menjenuhkan. Guru nyasar ngajarnya yang monoton. Karena itu guru nyasar
segeralah mengundurkan diri, karena guru nyasar akan banyak memakan korban.
Yaitu korban anak-anak yang tidak mau belajar dan membenci ilmu yang diajarkan.
2. Guru bayar
Guru bayar adalah guru yang on-of. Kadang
menggembirakan dan kadang menyedihkan. Energinya selalu berkaitan dengan
finansianal, mengajar selalu dikaitkan berdasarkan uang, tidak konsisten.
Kadang-kadang berwajah ceria, kadang-kadang berwajah muram. Kalau tanggal muda,
cerah dan ceria karena gajian dan uang sertifikasi turun. Kalau tanggal tua
bermuka muram karena serba kekurangan. Karena itu lebih baik anda segera sadar
dan kembali kejalan yang benar.
3. Guru sadar
Guru yang kehadirannya sangat dinantikan ditunggu dan
dirindukan. Karena anak mencintai dirinya, keilmuananya sangat dirindukan,
mencintai materi yang diajarkan. Kehadiran dan kepergiannya dirindukan. Sewaktu
mengajar, anak-anak merasakan bahwa jam dinding terasa cepat berputarnya. Guru
sadar adalah konektor kebaikan. Guru sadar adalah
konektor keilmuan. Guru yang sadar adalah guru yang bisa
menginspirasi perserta dudiknya. Guru sadar sangat dirindukan dan diiizinkan
kehadirannnya karena anak mencintai. Guru sadar adalah guru yang bisa
menggerakkan peserta didiknya. Guru sadar kalau meninggal akan
selalu dikenang, dan ilmunya akan menjadi amal zariah yang terus mengalir.
C. Empat Peran
Guru
1. Mengajar
Terkadang kita lebih fokus pada peran pertama yaitu
mengajar, memindahkan keilmuan yang ada di otak kita ke otak
murid. Kita memindahkan kurikulum yang ada ke pikiran anak-anak
kita. Jadi kalau guru hanya sekedar mengajar, maka anda akan kalah dengan
metode dan pola-pola hari ini, melalui media online. Mereka bisa belajar dari
YouTube bahkan sekarang sudah ada kelas-kelas online yang memungkinkan murid
Anda bisa belajar keilmuan tanpa kehadiran guru.
2. Mendidik
Saya ingin Anda masuk ke zona berikutnya yaitu
mendidik. Bagaimana seorang guru mendidik, tentu guru menjadi idola
menjadi teladan menjadi contoh. Guru sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu digugu
dan ditiru. Diharapkan ketika Anda masuk ke ranah mendidik maka anda bisa
memasukkan nilai-nilai, norma-norma baik yang bisa dijalankan oleh
anak didik kita. Dalam keseharian seperti kedisiplinan kejujuran, bisa
dipercaya, berbagi bekerja, berkomunikasi, memudahkan urusan orang lain.
Menolong membantu itulah pola-pola yang bisa dimasukkan ketika anda mendidik,
dan anda bisa masuk lewat pembelajaran apapun. Mungkin anda adalah
guru matematika, anda bisa mengajarkan tentang kejujuran dan kedisiplinan.
Mungkin anda adalah guru IPA bisa mengajarkan tentang bagaimana mereka
bersyukur, bagaimana mereka mampu berinteraksi, bagaimana mereka mampu menjaga.
Dan ternyata guru yang mampu mendidik adalah guru yang menginspirasi
3. Menginspirasi
Guru yang mampu menginspirasi, kenapa karena
dari apa yang ada di hati dia, akan menjadikan anda menjadi bagian dari
history, bagian dari sejarah mereka dan bukan hanya sekedar bagian dari story
ataupun cerita. Anda adalah sosok yang menginspirasi mereka ketika anda mampu
menunjukkan energi anda, mampu menunjukkan keteladanan anda, mampu
menunjukkan bahwa anda sepenuh hati maka anda adalah inspirator bagi
mereka. Anda motivator bagi mereka dan akhirnya ada mampu
menggerakkan mereka untuk mengerjakan apa yang Anda sarankan
4. Menggerakkan
Guru yang mampu menggerakkan mereka menjalankan apa
yang di harapkan. Jadi sekali lagi guru yang hebat adalah guru yang tidak
sekedar mengajar tapi dia juga mampu mendidik, menginspirasi dan menggerakkan.
D. Lima Langkah
Mengajar Gaya Motivator
Berikutnya Pak Aris menguraikan, ada lima langkah yang
bisa anda praktekkan untuk mengajar gaya motivator. Dan silakan Anda praktekkan
5 langkah ini, maka dengan langkah-langkah ini diharapkan anda mampu menjadi
guru yang dicintai. Guru yang dirindukan, guru yang menginspirasi
dan guru yang menjadikan murid-murid anda mencintai anda dan mencintai ilmu
yang anda bawakan.
Pak Aris Masih banyak memberikan materi lain dan
beliau menyarankan membuka link berikut: 5 Bahasa Cinta yang layak Anda
pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa
Sentuhan Cinta1. https://youtu.be/UAZ02bxlzyM Bahasa
cinta APRESIASI. 2. https://youtu.be/39raqyvipcE
Bahasa Cinta
KOMITMEN dan Keteladanan 3. https://youtu.be/AdXLTi1-pPs Bahasa
Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA 4. https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ Bahasa
Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL 5. https://youtu.be/xVBnh4TsPgw Bahasa
Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar