Senin, 13 April 2020

Hasil Resume Menulis Buku dalam Seminggu


Belajar Menulis Bersama Om Jay Gelombang 8

Nama                         : Siti Mutawarridah, S.Pd
Alamat Instansi        : SDN Pancuran 1 Bondowoso Jatim
Hari/ Tanggal            : Senin, 13 April  2020
Waktu                         : Pukul 18.00 – 21.00 WIB
Nara Sumber                        : PROF.RICARD EKA INDRAJID
Moderator                : Bapak Bambang
Materi                         : Menulis Buku dalam Seminggu



Hasil Resume Menulis Buku dalam Seminggu

Selama pandemi Prof Indrajit tidak bisa mengajar secara tatap muka, kalau tidak mengajar stamina turun, dan bisa tertular virus. Maka pada hari ke 5 lockdown di rumah, beliau mengajar streaming YuoTube, dengan tidak memperdulikan apakah ada yang menonton atau tidak yang penting semangat dengan membuat EKOJI CHANNEL di YouTube. Dimulai pada tanggal 20 Maret 2020. Mengikuti seminar beliau gratis. Beliau terkejut karena pada seminar pertamanya pengikutnya 600 orang dan hingga saat ini yang menonton YouTube beliau sudah 6.000 orang untuk tema pertama yang namanya DIGITAL MINDSET. Dan yang lebih mengejutkan lagi, yang pesat sertifikat 1.116 orang dengan penghasilan 11 juta dalam sehari.  Akhirnya pada tanggal 24 Maret 2020 sampai sekarang, setiap hari jam 8 pagi beliau melakukan seminar 1-2 jam di YouTube Streaming untuk siapa saja yang tertarik.
1.      Munculnya Ide
Setiap dosen harus membuat laporan Kum untuk kenaikan jabatan akademik. Karena masa pandemi semua seminar dibatalkan, Artinya ada dua  mereka tidak bisa mendapatkan  sertifikat dan saya sendiri kehilangan pemasukan, karena pemasukan saya 70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dl. Nah y Yang mengikuti seminar 80% adalah yang pernah membeli buku yang pernah ditulis oleh Prof Indrajit. Buku-buku yang ditulis beliau menjadi Best Seler, akhirnya yang dulu ketagihan mengajar menjadi ketagihan menulis. Dulu beliau spesialis menulis bunga rampai. sebelum tidur menulis satu halman seperti Om Jay. Jadi dalam 3 bulan ada sekitar 100 halaman, sehingga buku bisa diterbitkan. Saat ini prof  Indrajit sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. Buku beliau dibagikan secara gratis, di situs academia, eko.id dll.
2.      Trik jitu menulis dalam waktu seminggu
Caranya mudah yaitu harus mendisrupsi diri sendiri. caranya bisa melihat tulisan beliau kemudian memilih yang menarik perhatian sesuai yang disukai dan dikuasai. Kemudian diberikan waktu 1 minggu untuk menjawab 6 pertanyaan yang berkaitan dengan 5W1H.
3.      Apa boleh membuat cerita yang berbeda dalam satu buku
Profesor Eka menjawab. Sangat boleh
4.      Cara membagi waktu untuk menulis dalam kesibukan yang padat
Jika anda menyenangi yang anda lakukan, pasti waktu dapat anda alokasikan. Sebelum tidur terbiasa menulis 3-5 halaman tulisan. Karena terbiasa jika belum menulis menjadi sulit tidur. Dan saya ingin meninggalkan legacy untuk anak cucu saya sehingga kalau nanti mereka ngecek siapa kakeknya tercatat di internet. Itulah cara hidup 1000 tahun lagi.
5.      Apa setiap menulis haus berpatokan pada 5W1H
Tidak, 5W1H adalah untuk penulis awal yang ingi belajar menulis. Karena sifatnya diskriptif, tapi sangat filosofis, setiap isu apapun, secara filsafat harus bisa dijelaskan dalam 5W1H. Kalau bisa menulis deskriptif, barulah mulai menulis yang sifatnya; eksploratif, komparatif, argumentaif, persuasif dls.
6.      Cara memulai menulis yang baik
Menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan.  Bagi saya semua tulisan itu baik karena dilakukan dari hati. Tulis saja apa yang ada di kepala gak usah takut. Kualitas menulis itu ada di pembaca dan pembaca itu macem-macem.
7.    Beliau berpesan, supaya fokus dalam menulis , jangan menulis terlalu lama( kecuali membuat penelitian) paling lambat 100 hari harus jadi . Karena kalau lama-lama kita kehilangan fokus dan ilmu yang mau kita shareng sudah berkembang dan berganti lagi isunya. Makanya beliau menawarkan ayo menulis buku dalam waktu seminggu
8.      Bagaimana cari inspirasi yang orisinel
Caranya pilih satu judul yang lagi trend, bahas dari sisi yang tidak pernah telihat orang lain. Misal masalah covid-19 . tulis dari sisi peluang. Wallahu a;lam

2 komentar:

  1. Super sekali, mampir juga ya di my blogs:
    Mungkin di my Blogs ada tulisan anda. 22 Nasihat Masa Covid-19, monggo diampri di :
    https://ibnusana.blogspot.com/2020/04/22-nasihat-masa-covid-19.html?m=1
    Terima kasih

    BalasHapus